Biaya Service AC Mobil di Makassar

Biaya Service AC Mobil di Makassar.  Berbicara tentang biaya service ac mobil sangatlah variatif. Tergantung dari kondisi kerusakan ac mobil anda. Jika rusaknya ringan maka biaya yg harus anda keluarkan juga minim. Sebaliknya, bila rusaknya parah maka mendengar total biayanya saja itu bisa membuat mata anda terbelalak karena kaget. Jenis biaya service ac mobil dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian yakni terdiri dari biaya service berkala setahun sekali, sekali 2 tahun, dan biaya service rusak parah.

Biaya Service AC Mobil di Makassar

Biaya Service AC Mobil di Makassar : Berkala Sekali Setahun

Pembersihan ac mobil secara berkala penting dilakukan demi terjaganya kelancaran kinerja system ac mobil. Biasanya jenis service tergantung dari kilometer atau jauhnya jarak tempuh kendaraan dalam periode tertentu. Dan ini sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca di mana mobil itu beroperasi. Semakin tinggi polusi udara suatu daerah maka semakin cepat juga ac mobil tersebut harus diservice. Misalnya di daerah tambang yang rentan dengan polusi udara. Mobil yang beroperasi di daerah tambang tersebut maksimal jarak tempuh 3000 KM, itu sebaiknya diservice ac-nya. Kalau tidak, maka besar kemungkinan komponen system ac-nya cepat kalah karena suhu panasnya tinggi dan udaranya tercemar. 

Untuk mobil yang beroperasi di daerah perkotaan itu biasanya ac mobil diservice setelah menempuh jarak 10.000 KM. Udara di daerah perkotaan masih mending ketimbang udara di daerah pertambangan. Nah, untuk mobil yang berada di pedesaan, yang udaranya relatif masih sejuk dan segar itu ac mobil biasanya diservice setelah menempuh jarak 20.000 KM. Mobil yang beroperasi di pedesaan juga terkadang ac-nya tidak dinyalakan karena udara masih segar. Apalagi jika mengendarai mobil pada waktu pagi hari. Malah lebih bagus jika kita tidak menyalakan ac mobil agar bisa menghirup udara segar demi kesehatan.

Secara umum, jenis service ac mobil tahunan ini meliputi pembersihan evaporator dan filter udara. Evaporator perlu dibersihkan agar sirkulasi penyerapan hawa panas menjadi hawa dingin bisa berjalan lancar. Sedangkan filter udara berfungsi untuk menyaring atau menangkal udara kotor yang masuk ke dalam system ac mobil.

Biaya service ac mobil di Makassar untuk mobil jepang seperti honda, toyota, nizzan, datsun biasanya sekitar Rp. 300.000,- s/d Rp. 600.000,- Sedangkan untuk mobil eropah seperti BMW, mercedes benz, peugeot itu seharga Rp. 1.000.000,- s/d Rp. 2.000.000,- Biaya service ac mobil eropah lebih mahal dibanding dengan mobil jepang karena tingkat kesulitan system ac mobilnya lebih tinggi. 

Biaya Service AC Mobil Makassar : Berkala Sekali 2 Tahun

Jenis service ini dilakukan untuk memeriksa dan memperbaiki seluruh system ac mobil. Mulai dari pemeriksaan kompresor, kondensor, kipas kondensor, reciever dryer, katup ekspansi, evaporatur, magnet clutdt, dan filter udara. Jenis service ini sifatnya lebih kompleks dan memerlukan tenaga ahli yang profesional di bidang service ac mobil. 

Jika anda ingin melakukan service ac mobil di makassar maka sebaiknya anda mencari bengkel ac mobil yang benar-benar telah diakui kredibilitasnya, ahli di bidangnya, dan jangan lupa murah harganya. LaQuna VARIASI adalah salah satu tempat yang baik bagi masalah ac mobil anda. Berlokasi di jalan perintis kemerdekaan, depan AURI, sekitar 150 meter dari Mall Daya Grand Square. 

Biaya service ac mobil makassar secara berkala sekali 2 tahun ini sedikit lebih mahal dibanding service berkala tahunan. Biasanya sekitar 5% sampai dengan 10 % di atas harga service berkala tahunan. Apalagi bila tidak ada kerusakan yang terjadi pada rangkaian system ac mobil anda. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang dari kocek anda sebab tidak ada alat yang perlu diganti. 

Biaya Service AC Mobil di Makassar yang Rusak Parah


Ac mobil yang rusak parah biasanya terjadi karena selama menjadi mobil sama sekali tidak pernah diservice. Pemilik mobil seperti inilah yang biasa kaget ketika disebutkan total biaya service ac mobilnya. Bagaimana tidak rusak parah kalau mobil hanya dipakai tidak pernah dirawat. Nanti rusak parah baru ke bengkel. Ganti oli kompresor saja tidak pernah. Apalagi melakukan service berkala. 

Oli kompresor yang tidak pernah diganti bisa dipastikan akan mengalami kerusakan parah. Sama halnya dengan oli mesin jika tidak pernah diganti yaa tunggulah mobil anda bakal turun mesin karena over haul . Itulah sebenarnya gunanya perawatan. Meskipun rusak tapi rusaknya tidak terlalu berarti dan biaya service-nya pun murah. Kita tidak perlu terkaget-kaget jika pemilik bengkel menyebutkan harga yang harus kita bayar.

Menurut ahli ac mobil, 90% kerusakan system ac mobil berasal dari kerusakan kompresor. Dan jika kompresor ac mobil yang rusak parah maka semua system ac mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya alias tidak berjalan normal. Efek kerusakan kompresor ac mobil ini biasanya merusak komponen ac mobil lainnya sehingga untuk menormalkan kembali kinerja ac mobil anda, maka anda harus mengeluarkan biaya yang banyak. Karena alat-alat yang rusak itu harus diganti.

Anda tahu biaya penggantian kompresor? Harga kompresor yang ada di pasaran saat ini berkisar 2jt s/d 6jt. Itu baru harga kompresor. Bengkel biasanya menambah biaya jasa service, pemasangan dan penggantian alat. Biaya tambahan ini umumnya meliputi penggantian katup, pembersihan evaporator dan melancarkan sirkulasi blower, penggantian oli, dan magnet clutch. 

Demikian artikel sederhana ini, semoga bermanfaat. Untuk anda yang ingin service ac mobil makassar, silahkan hubungi kontak kami yang tercantum di bawah artikel ini. Terima kasih atas waktu anda dan Salam LaQuna!

LaQuna VARIASI, Bengkel Spesialis AC Mobil di Makassar. Contact : HP/WA : 085255868100























Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Biaya Service AC Mobil di Makassar"